Clinik Sekolah

Category: Clinik Sekolah Published: Saturday, 23 May 2015 Written by Sri Joko Waluyo

 

 

Poliklinik di dalam Sekolah

merupakan salah satu fasilitas untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan siswa,guru dan karyawan sekolah sehingga dapat menunjang  kualitas proses kegiatan belajar mengajar. Poliklinik di dalam Sekolah Merupakan Salah Satu Solusi untuk Meningkatkan Kesehatan Siswa,Guru,Pegawai dalam mendukung Kualitas Proses Pendidikan di Sekolah.

Pendahuluan

Banyak hal yang mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Salah satu aspek yang turut berperan yaitu masalah  SUMBER DAYA MANUSIA (SDM), terutama mengenai tingkat kesehatan para siswa,guru dan karyawan di sekolah tersebut.

Apa yang dimaksud dengan Klinik Sekolah

     Ada beragam cara yang dapat dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan masalah kesehatan tersebut . Salah satu cara yang efektif dan efisien yaitu dengan pengadaan “poliklinik di dalam sekolah (In house clinic)” yang ditangani langsung oleh tenaga professional.Klinik Sekolah (In House Clinic) adalah poliklinik yang berlokasi di dalam sekolah yang diselenggarakan atas kerja sama antara pihak sekolah dengan pihak penyelenggara yaitu “Clinic Mutiara”.

Pasilitas Pelayanan.

Dengan adanya KLINIK di dalam sekolah akan banyak memperoleh keuntungan.  Klinik Sekolah akan memberikan pelayanan Pengobatan  bagi para siswa,guru dan karyawan sekolah secara cepat,baik dan professionalselama belangsungnya proses belajar mengajar.

B. Emergency

Apabila terjadi kecelakaan pada saat kegiatan siswa atau emergency, maka pasien dapat langsung ditangani oleh tenaga perawat dan dokter yang telah terlatih dan professional untuk memberikan pertolongan pertama, karena pertolongan pertama sangat menentukan keselamatan pasien yang bersangkutan.

C. Efisiensi Waktu

Bila ada siswa,guru atau karyawan yang sakit , tidak perlu meminta ijin dalam jangka waktu yang cukup lama (1 hari  s/d  3  hari) karena dapat langsung berobat di klinik sekolah ( ½ jam ). Sehingga siswa,guru atau karyawan tidak perlu meninggalkan pekerjaan/kegiatan terlalu lama, dengan demikian tidak akan mengganggu proses belajar mengajar.

D. Mencegah Penyalahgunaan Alasan Sakit

Bila ada siswa,guru atau karyawan yang berpura-pura sakit agar dapat meninggalkan tempat tugas/kegiatan ,dapat dicegah dengan adanya Klinik Sekolah .Atau bila ada siswa,guru atau karyawan yang sakit tetapi tidak terlalu parah ,dapat beristirahat di klinik sekolah tersebut di bawah pengawasan petugas kesehatan (perawatan sementara /observasi). Dan bila keadaanya telah membaik ,maka dapat dipersilahkan untuk melakukan kegiatannya kembali.

E. Tes Kesehatan (MEDICAL CHECK UP)

Sekolah juga dapat melakukan test kesehatan (MCU) siswa atau calon siswa di Klinik Sekolah tertutama pemeriksaan NARKOBA Sehingga pihak menejemen sekolah dapat berkonsultasi dengan dokter Klinik Sekolah mengenai informasi kesehatan siswa atau calon secara benar

F. Mencegah Penyalahgunaan Fasilitas Berobat

Pihak menejemen sekolah dapat memeriksa surat sakit-surat sakit yang masuk, sehingga dengan demikian dapat mencegah penyalahgunaan fasilitas berobat yang mungkin dilakukan oleh guru dan karyawan .Dengan demikian pihak sekolah dapat mengontrol dan dapat berkomunikasi langsung dengan dokter atau perawat yang bertugas di Klinik Sekolah.

 

 

Hits: 1818

Social Link